Selamat Datang
Berbagi ilmu dan pengalaman untuk menjadi lebih baik.
Apa itu Manuver
Mengapa web ini dinamakan ManuverZone?
Tentang Saya
Sekilas tentang kehidupan sederhana namun berkesan.

 

 

Dari Hobi Menjadi Rejeki

dari hobi menjadi rejeki

Tampilan ini mungkin tidak asing bagi mereka yang telah lama mengenal dunia komputer. Sebuah aplikasi ajaib yang dapat mencakup tiga hal sekaligus, yaitu desain, pemrograman, dan animasi. Ya, inilah aplikasi Adobe Flash Professional, yang ketika pertama kali mengenalnya dulu masih bernama Macromedia Flash MX.

Pertama kali mengenal aplikasi ini saat kuliah semester tiga, melalui mata kuliah komputer multimedia. Dari sinilah semua berawal ketika saya yang memang menyukai dunia komputer ditambah dengan keinginan untuk membuat sesuatu yang unik, seakan mendapat mainan baru dengan adanya aplikasi ini. Sebenarnya dasar teori dari aplikasi ini tidaklah seberapa, tetapi lebih kepada latihan dan daya kreasi yang tinggi. Saya yang memang suka mencoba hal-hal baru semakin tertantang untuk mencoba membongkar kemampuan aplikasi ini.

Bermula dari coba-coba membuat animasi sederhana untuk presentasi, yang waktu itu sebenarnya hanya digunakan untuk kepentingan organisasi semata. Tetapi rekan-rekan yang menyaksikan mulai tertarik dengan kelebihan yang didapatkan dari Flash. Akhirnya pertengahan tahun 2007 ada kakak angkatan yang akan mengikuti lomba program kreativitas mahasiswa meminta untuk dibuatkan suatu produk tentang pembelajaran luar sekolah. Saat itu saya sama sekali tidak mengharap apapun untuk imbalannya, namun ternyata kakak angkatan tersebut berbaik hati dengan memberikan sedikit uang saku. Selanjutnya berita dari mulut ke mulut membuat saya mendapat profesi baru sebagai pembuat animasi flash, mulai dari permintaan secara personal, organisasi, akademik, hingga keperluan eksternal, dan imbalan yang dihasilkan lebih dari cukup bagi saya saat itu. Dari sinilah saya mulai berpikir untuk mengkomersialkan kemampuan saya tersebut, yaitu dengan mengajak sahabat-sahabat memulai usaha dalam bidang multimedia, yang selengkapnya dapat dibaca pada artikel Pertemuan tak Terduga. Awal memulai usaha memang tidak berjalan mulus, namun dengan perjuangan yang tak kenal lelah akhirnya sedikit demi sedikit hobi saya yang sederhana tersebut mulai bisa menghasilkan rejeki yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sekaligus membantu orang-orang terdekat.

Kini setelah menginjak tahun keenam menggelutinya, hampir seluruh wilayah Indonesia telah mengenal produk multimedia yang saya hasilkan hanya dari sebuah aplikasi bernama Flash. Produk yang dihasilkan pun semakin beragam, mulai dari media pembelajaran, cd interaktif, game edukasi, animasi, simulasi, kuis, dan sebagainya, untuk berbagai keperluan yang juga beragam. Satu hal yang saya rasakan, adanya kesibukan ini tidak pernah terasa berat karena saya memang menyukainya, justru seolah menjadi tantangan baru yang menunggu untuk ditaklukkan. Karena itu tidak salah jika ada istilah yang mengatakan bahwa pekerjaan paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar.